Sistem Operasi

Sistem Operasi atau juga biasanya disebut Operating System (OS) memiliki arti yaitu Seperangkat program yang mengola sumber daya perangkat keras dan menyediakan layanan untuk perangkat lunak.
Jadi sistem operasi itu bekerja diatas perangkat keras (hardware) yang digunakan sebagai tempat menjalankan suatu perangkat lunak (Software).



Kalau sistem komputer terbagi dalam lapisan-lapisan, maka Sistem Operasi adalah penghubung antara lapisan hardware dengan lapisan software. Sistem Operasi melakukan semua tugas-tugas penting dalam komputer, dan menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda dapat berjalan secara bersamaan dengan lancar. Sistem Operasi menjamin aplikasi lainnya dapat menggunakan memori, melakukan input dan output terhadap peralatan lain, dan memiliki akses kepada sistem berkas. Apabila beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, maka Sistem Operasi mengatur schedule yang tepat, sehingga sedapat mungkin semua proses yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan prosesor (CPU) serta tidak saling mengganggu.
Contoh Sistem Operasi adalah Windows, Linux, Android, Mac Os X, iOS dll.

Namun tidak semua hardware membutuhkan Sistem Operasi untuk menjalankan suatu program / aplikasi, Seperti halnya mesin fotocopy, mesin Atm, dsb. Hardware tersebut tidak membutuhkan Sistem Operasi untuk menjalankan tugasnya, karena Hardware tersebut langsung ditanamkan sebuah aplikasi jadi kegunaan hardware ini hanya untuk kepentingan tertentu saja.




Share:

0 komentar