Kuis Pancasila

TUGAS
1.       JELASKAN TENTANG AKTUALISASI PANCASILA DALAM KEHIDUPAN IPTEK !
2.       BUATLAH FLOWCHART MANUSIA DILIHAT DARI SUDUT PANDANG IPTEK!
3.       MANAKAH KATA YANG ADA DALAM PEMBUKAAN UUD ’45 YANG TIDAK SESUAI DENGAN HAM ?
 



1.       Pancasila bukan merupakan ideologi yang kaku dan tertutup, namun justru bersifat reformatif, dinamis, dan antisipatif. Dengan demikian Pancasilan mampu menyesuaikan dengan perubahan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) yaitu dengan tetap memperhatikan dinamika aspirasi masyarakat. Kemampuan ini sesungguhnya tidak berarti Pancasila itu dapat mengubah nilai-nilai dasar yang terkandung, tetapi lebih menekan pada kemampuan dalam mengartikulasikan suatu nilai menjadi aktivitas nyata dalam pemecahan masalah yang terjadi (inovasi teknologi canggih). Kekuatan suatu ideologi itu tergantung pada kualitas dan dimensi yang ada pada ideologi itu sendiri.
Dalam hal ini masyarakat akan diarahkan kejenjang atau suatu tingkatan yang lebih baik lagi, karena dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih masarakat akan semakin dimudahkan dalam mengakses / memperoleh ilmu dengan mudah.

2.       Sesungguhnya manusia merupakan aktor terciptanya IPTEK dan perkembangan IPTEK pun tergantung oleh manusianya. Tak terasa bahwa semua alat yang kita gunakan adalah hasil dari perkembangan IPTEK dan tercipta oleh tangan tangan manusia . Jadi Manusia merupakan aktor yang menggunakan sekaligus yang menciptakan IPTEK itu sendiri.
 





Manusia dan IPTEK
Saling Timbal Balik


3.       Pembukaan UUD 1945
Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan diatas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan.
Dan perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia telah sampailah kepada saat yang berbahagia dengan selamat sentosa mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan negara Indonesia, yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.
Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya.
Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu pemerintah negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial, maka disusunlah kemerdekaan kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar negara Indonesia, yang terbentuk dalam suatu susunan negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasar kepada Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, dan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, serta dengan mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
ü  Yang saya tulis dengan huruf tebal tersebut menurut saya merupakan kalimat yang tidak sesuai dengan konsep HAM. Karena jika kita cermati kata katanya yaitu “Atas berkat Rahmat Alloh Yang Maha Kuasa…” Alloh merupakan Tuhan atau kepercayaan bagi orang Islam. Namun, pada kenyataannya di Indonesia ini memiliki berbagai Agama yang berbeda. Itu merupakan salah satu bentuk ketidak adilan dan melukai Hak Asasi setiap warga Negara Indonesia.


Share:

0 komentar